Spesifikasi Komponen Komputer
Komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah
kontrol instruksi yang disimpan di dalam memorinya, yang dapat
menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan,
memberikan hasil dan menyimpan hasil untuk keperluan mendatang.
kontrol instruksi yang disimpan di dalam memorinya, yang dapat
menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan,
memberikan hasil dan menyimpan hasil untuk keperluan mendatang.
*Komponen yang termuat di dalamnya:
1. Input Device
Adalah komponen hardware yang mengijinkan pengguna untuk
memasukkan data atau instruksi (program, command, respond user) ke
dalam sebuah komputer.
Yang temasuk dalam input device adalah:
Adalah komponen hardware yang mengijinkan pengguna untuk
memasukkan data atau instruksi (program, command, respond user) ke
dalam sebuah komputer.
Yang temasuk dalam input device adalah:
a. Keyboard, adalah peralatan input yang berisi tombol yang user
tekan untuk memasukan data ke dalam komputer.
tekan untuk memasukan data ke dalam komputer.
b. Pointing device, terdiri atas:
1. Mouse, adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar
telapak tangan anda sehingga cocok untuk dioperasikan dengan
tangan anda.
2. Trackball, adalah peralatan pointing tetap dengan bola pada
permukaannya.
3. Pointing stick, adalah peralatan pointing yang sensitive
terhadap tekanan yang letaknya ada pada tombol-tombol pada
keyboard.
4. Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil,
dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya
touchpad ada pada notebook.
5. Joystick, adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yang
dioperasikan berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.
6. Light pen, adalah input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya.
Alat ini hanya digunakan pada layar khusus. Sang pengguna
memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.
7. Stylus pen, adalah peralatan input berbentuk bolpen yang
menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input
ini biasanya digunakan dengan graphic table dan software
handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok
digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.
8. Touch screen, adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan
layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung
dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan
untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan
tablet PC.
1. Mouse, adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar
telapak tangan anda sehingga cocok untuk dioperasikan dengan
tangan anda.
2. Trackball, adalah peralatan pointing tetap dengan bola pada
permukaannya.
3. Pointing stick, adalah peralatan pointing yang sensitive
terhadap tekanan yang letaknya ada pada tombol-tombol pada
keyboard.
4. Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil,
dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya
touchpad ada pada notebook.
5. Joystick, adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yang
dioperasikan berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.
6. Light pen, adalah input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya.
Alat ini hanya digunakan pada layar khusus. Sang pengguna
memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.
7. Stylus pen, adalah peralatan input berbentuk bolpen yang
menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input
ini biasanya digunakan dengan graphic table dan software
handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok
digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.
8. Touch screen, adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan
layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung
dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan
untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan
tablet PC.
c. Voice input, adalah proses untuk memasukan data dengan cara
berbicara melalui alat input khusus untuk suara. Contohnya: tape, CD/
DVD player, radio, MIDI, microphone.
berbicara melalui alat input khusus untuk suara. Contohnya: tape, CD/
DVD player, radio, MIDI, microphone.
d. Input gambar, terdiri atas:
1. Digital camera, merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna
untuk mengambil gambar dan menyimpan gambar dalam bentuk
digital.
2. Optical character recognition, adalah teknologi yang melibatkan
pembacaan hasil tertulis, hasil print, atau karakter yang
tertulis dari sebuah computer dari dokumen biasa dan mengubahnya
ke dalam bentuk yang computer mampu proses. Teknologi ini
biasanya digunakan untuk dokumen tagihan.
3. Optical mark recognition, adalah teknologi yang membaca tanda
hasil buatan tangan seperti lingkaran kecil atau kotak.
Teknologi ini biasanya digunakan untuk pengisian tes, survey,
atau kuesioner.
4. Scanner, merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik
dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk
yang computer mampu proses.
5. Barcode reader, merupakan peralatan optic yang menggunakan laser
untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang
berisi kumpulan garis vertical dan spasi dengan lebar yang
berbeda. Barcode biasanya merepresentasikan data yang
mengidentifikasikan perusahaan dan benda tersebut. Biasanya
barcode digunakan pada kemasan produk.
6. MICR reader, adalah alat yang dapat membaca teks tertulis dengan
tinta magnetis. Teknologi ini biasanya digunakan pada cek.
1. Digital camera, merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna
untuk mengambil gambar dan menyimpan gambar dalam bentuk
digital.
2. Optical character recognition, adalah teknologi yang melibatkan
pembacaan hasil tertulis, hasil print, atau karakter yang
tertulis dari sebuah computer dari dokumen biasa dan mengubahnya
ke dalam bentuk yang computer mampu proses. Teknologi ini
biasanya digunakan untuk dokumen tagihan.
3. Optical mark recognition, adalah teknologi yang membaca tanda
hasil buatan tangan seperti lingkaran kecil atau kotak.
Teknologi ini biasanya digunakan untuk pengisian tes, survey,
atau kuesioner.
4. Scanner, merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik
dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk
yang computer mampu proses.
5. Barcode reader, merupakan peralatan optic yang menggunakan laser
untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang
berisi kumpulan garis vertical dan spasi dengan lebar yang
berbeda. Barcode biasanya merepresentasikan data yang
mengidentifikasikan perusahaan dan benda tersebut. Biasanya
barcode digunakan pada kemasan produk.
6. MICR reader, adalah alat yang dapat membaca teks tertulis dengan
tinta magnetis. Teknologi ini biasanya digunakan pada cek.
e. Video input, adalah proses untuk mengambil gambar bergerak secara
penuh ke dalam sebuah computer dan menyimpan mereka ke dalam sebuah
harddisk/DVD. Inovasi teknologi input, sbb: point-of sale terminals,
automated teller machines, smart display, biometric input, dan input
untuk orang cacat.
penuh ke dalam sebuah computer dan menyimpan mereka ke dalam sebuah
harddisk/DVD. Inovasi teknologi input, sbb: point-of sale terminals,
automated teller machines, smart display, biometric input, dan input
untuk orang cacat.
2. Output device
Adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan
untuk menampilkan output. Output adalah data yang diproses menjadi
bentuk yang berguna. Output dapat berupa teks, grafik,audio, dan
video.
Yang termasuk dalam output device adalah:
Adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan
untuk menampilkan output. Output adalah data yang diproses menjadi
bentuk yang berguna. Output dapat berupa teks, grafik,audio, dan
video.
Yang termasuk dalam output device adalah:
a. Display device, terdiiri atas:
1. CRT Monitor, adalah monitor desktop yang mirip dengan televisi
standar karena monitor ini berisi CRT (Cathode Ray Tube).
2. Flat-Panel Display, merupakan peralatan display dengan ketebalan
yang tipis tanpa menggunakan teknologi CRT. Secara umum
dibedakan menjadi 2, yaitu: monitor plasma dan monitor LCD.
1. CRT Monitor, adalah monitor desktop yang mirip dengan televisi
standar karena monitor ini berisi CRT (Cathode Ray Tube).
2. Flat-Panel Display, merupakan peralatan display dengan ketebalan
yang tipis tanpa menggunakan teknologi CRT. Secara umum
dibedakan menjadi 2, yaitu: monitor plasma dan monitor LCD.
b. Peralatan cetak, terdiri atas:
1. Dot-matrix Printer, merupakan printer yang menghasilkan gambar
ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.
2. Inkjet Printer, merupakan printer yang mencetak karakter dan
gambar dengan menyemprotkan titik–titik tinta ke selembar
kertas.
3. Label Printer, merupakan printer kecil yang digunakan untuk
mencetak pada isolasi/benda semacamnya.
4. Laser Printer, merupakan printer berkecepatan tinggi dan
berkualitas tinggi.
5. Photo Printer, merupakan printer warna yang menghasilkan gambar
dengan kualitas lab foto.
6. Plotter, merupakan printer yang digunakan untuk menghasilkan
gambar berkualitas tinggi, seperti blueprint, peta, dan circuit
diagram.
7. Large Format Printer, merupakan printer yang digunakan untuk
menciptakan gambar dengan warna foto realistik, seperti poster,
rambu, dan proyek serupa.
1. Dot-matrix Printer, merupakan printer yang menghasilkan gambar
ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.
2. Inkjet Printer, merupakan printer yang mencetak karakter dan
gambar dengan menyemprotkan titik–titik tinta ke selembar
kertas.
3. Label Printer, merupakan printer kecil yang digunakan untuk
mencetak pada isolasi/benda semacamnya.
4. Laser Printer, merupakan printer berkecepatan tinggi dan
berkualitas tinggi.
5. Photo Printer, merupakan printer warna yang menghasilkan gambar
dengan kualitas lab foto.
6. Plotter, merupakan printer yang digunakan untuk menghasilkan
gambar berkualitas tinggi, seperti blueprint, peta, dan circuit
diagram.
7. Large Format Printer, merupakan printer yang digunakan untuk
menciptakan gambar dengan warna foto realistik, seperti poster,
rambu, dan proyek serupa.
c. Peralatan suara, terdiri atas:
1. Speaker, biasanya digunakan untuk menghasilkan suara dengan
kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone,
volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.
2. Headset, merupakan output device yang menghasilkan suara dari
computer untuk individu pemakainya.
3. Inovasi teknologi output, sbb: mesin fax, peralatan multifungsi,
proyektor, dan Force feedback pada joystick dan setir.
1. Speaker, biasanya digunakan untuk menghasilkan suara dengan
kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone,
volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.
2. Headset, merupakan output device yang menghasilkan suara dari
computer untuk individu pemakainya.
3. Inovasi teknologi output, sbb: mesin fax, peralatan multifungsi,
proyektor, dan Force feedback pada joystick dan setir.
3. Storage device
Adalah hardware computer yang merekam atau mengambil data dari
atau ke media storage. Media storage adalah materi fisik tempat
computer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah
jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage.
Yang termasuk dalam storage device adalah:
Adalah hardware computer yang merekam atau mengambil data dari
atau ke media storage. Media storage adalah materi fisik tempat
computer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah
jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage.
Yang termasuk dalam storage device adalah:
a. Primer
Memory atau RAM menyimpan data yang akan diartikan dan
dieksekusi dengan prosesor. Memori terbagi atas 2 macam, yaitu:
1. Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca
saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh
pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer
dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan
ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek
semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk
menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun
tidak ada aliran listrik. Sekarang ini ROM telah mengalami
perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya:
- PROM (Programable RROM), yaitu ROM yang bisa kita program
kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah
itu tidak dapat lagi diprogram.
- RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi
PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai
dengan yang diinginkan.
- EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita
hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan
menggunakan sinar ultraviolet.
- EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan
mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus
program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini
merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
2. Random Access Memori (RAM), adalah memori yang dapat diakses
secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita
matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.
Memory atau RAM menyimpan data yang akan diartikan dan
dieksekusi dengan prosesor. Memori terbagi atas 2 macam, yaitu:
1. Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca
saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh
pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer
dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan
ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek
semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk
menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun
tidak ada aliran listrik. Sekarang ini ROM telah mengalami
perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya:
- PROM (Programable RROM), yaitu ROM yang bisa kita program
kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah
itu tidak dapat lagi diprogram.
- RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi
PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai
dengan yang diinginkan.
- EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita
hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan
menggunakan sinar ultraviolet.
- EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan
mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus
program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini
merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
2. Random Access Memori (RAM), adalah memori yang dapat diakses
secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita
matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.
b. Sekunder, terdiri atas:
1. Harddisk menyimpan system operasi, software aplikasi, data user,
dan informasi. Harddisk merupakan peralatan penyimpan yang
berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak
fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi.
2. CD/DVD menyimpan software, backup, film maupun music. CD/DVD
merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk
portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal,
plastic, atau lacquer.
3. Mobile storage menyimpan gambar digital atau file untuk
dipindahkan.
4. Tape menyimpan backup data. Tape adalah pita plastic berlapiskan
magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah
banyak pada harga yang rendah.
5. Floppy disk menyimpan file kecil untuk dipindahkan. Floppy disk
merupakan media penyimpanan yang portable dan tidak mahal yang
terdiri dari plastic yang tipis berbentuk lingkaran dan
fleksibel dengan bentuk kotak.
6. ZIP disk merupakan media magnetic portable yang dapat menyimpan
dari 100 MB hingga 750 MB data.
7. Smart card adalah media penyimpanan yang mirip dengan kartu ATM
dan dapat menyimpan data pada sebuah microprocessor tipis yang
ditanamkan dalam sebuah kartu.
8. USB merupakan alat penyimpan storage yang dapat digunakan dengan
cara memasukkannya ke port USB pada sebuah computer atau
portable device.
1. Harddisk menyimpan system operasi, software aplikasi, data user,
dan informasi. Harddisk merupakan peralatan penyimpan yang
berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak
fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi.
2. CD/DVD menyimpan software, backup, film maupun music. CD/DVD
merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk
portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal,
plastic, atau lacquer.
3. Mobile storage menyimpan gambar digital atau file untuk
dipindahkan.
4. Tape menyimpan backup data. Tape adalah pita plastic berlapiskan
magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah
banyak pada harga yang rendah.
5. Floppy disk menyimpan file kecil untuk dipindahkan. Floppy disk
merupakan media penyimpanan yang portable dan tidak mahal yang
terdiri dari plastic yang tipis berbentuk lingkaran dan
fleksibel dengan bentuk kotak.
6. ZIP disk merupakan media magnetic portable yang dapat menyimpan
dari 100 MB hingga 750 MB data.
7. Smart card adalah media penyimpanan yang mirip dengan kartu ATM
dan dapat menyimpan data pada sebuah microprocessor tipis yang
ditanamkan dalam sebuah kartu.
8. USB merupakan alat penyimpan storage yang dapat digunakan dengan
cara memasukkannya ke port USB pada sebuah computer atau
portable device.
4. System Unit
Adalah sebuah kotak yang berisi komponen elektronik dari
computer yang digunakan untuk memproses data.
Yang termasuk dalam bagian system unit adalah, sbb:
Adalah sebuah kotak yang berisi komponen elektronik dari
computer yang digunakan untuk memproses data.
Yang termasuk dalam bagian system unit adalah, sbb:
a. Motherboard, adalah main circuit board dari system unit. Bagian
penting dari motherboard adalah Processor Slot, Memory Slot,
Expansion Slot.
penting dari motherboard adalah Processor Slot, Memory Slot,
Expansion Slot.
b. Processor, adalah komponen yang berfungsi untuk mengartikan dan
melakukan instruksi dasar operasi sebuah computer. Processor terdiri
dari 2 bagian utama, yaitu:
1. Control Unit (CU), merupakan komponen utama processor yang
mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai
dari input device sampai output device.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari processor
yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dll)
serta data logika (perbandingan).
melakukan instruksi dasar operasi sebuah computer. Processor terdiri
dari 2 bagian utama, yaitu:
1. Control Unit (CU), merupakan komponen utama processor yang
mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai
dari input device sampai output device.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari processor
yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dll)
serta data logika (perbandingan).
c. Memory, merupakan komponen elektronik yang menyimpan instruksi
sambil menunggu untuk dieksekusi prosesor, data yang dibutuhkan oleh
instruksi tersebut, dan hasil dari data yang sudah diproses.
sambil menunggu untuk dieksekusi prosesor, data yang dibutuhkan oleh
instruksi tersebut, dan hasil dari data yang sudah diproses.
d. Expansion slot, adalah socket pada motherboard yang dapat
bekerjasama dengan adapter card. Adapter card adalah circuit board
yang meningkatkan fungsi dari sebuah komponen pada system unit atau
menyediakan koneksi ke komponen atau peralatan lain. Slot pada
komputer terdiri atas:
1. ISA/PCI: slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis.
2. AGP/PCI Express: slot untuk masukan kartu tambahan grafis.
3. IDE/SCSI/SATA: slot untuk harddrive/ODD.
4. USB: slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan,
artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan
langsung dapat digunakan).
bekerjasama dengan adapter card. Adapter card adalah circuit board
yang meningkatkan fungsi dari sebuah komponen pada system unit atau
menyediakan koneksi ke komponen atau peralatan lain. Slot pada
komputer terdiri atas:
1. ISA/PCI: slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis.
2. AGP/PCI Express: slot untuk masukan kartu tambahan grafis.
3. IDE/SCSI/SATA: slot untuk harddrive/ODD.
4. USB: slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan,
artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan
langsung dapat digunakan).
e. Port, adalah area pada computer yang digunakan untuk menghubungkan
peralatan dengan system unit agar peralatan tersebut dapat
mengirim/menerima data dan informasi dari computer.
peralatan dengan system unit agar peralatan tersebut dapat
mengirim/menerima data dan informasi dari computer.
f. Power supply, adalah komponen system unit yang mengubah arus
listrik AC menjadi DC.
listrik AC menjadi DC.
5. Communication device
Adalah tipe hardware yang mampu mentransmisi data, instruksi,
dan informasi antar alat pengirim dan penerima.
Yang termasuk dalam communication device adalah:
Adalah tipe hardware yang mampu mentransmisi data, instruksi,
dan informasi antar alat pengirim dan penerima.
Yang termasuk dalam communication device adalah:
a. Modem, adalah alat yang mengubah sinyal agar dapat melakukan
transmisi data/ informasi melalui jaringan telepon. jenis-jenisnya
adalah, sebagai berikut:
1. Dial-up modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan
dengan jaringan dial-up (jaringan telepon analog).
2. Cable modem, merupakan modem digital yang mengirim dan menerima
data digital pada jaringan televisi kabel.
3. ISDN/DSL modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan
dengan jaringan ISDN/DSL (jaringan telepon digital).
4. Network card, adalah adapter card/compact flash card yang
memampukan computer/ peralatan untuk mengakses ke sebuah
jaringan.
transmisi data/ informasi melalui jaringan telepon. jenis-jenisnya
adalah, sebagai berikut:
1. Dial-up modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan
dengan jaringan dial-up (jaringan telepon analog).
2. Cable modem, merupakan modem digital yang mengirim dan menerima
data digital pada jaringan televisi kabel.
3. ISDN/DSL modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan
dengan jaringan ISDN/DSL (jaringan telepon digital).
4. Network card, adalah adapter card/compact flash card yang
memampukan computer/ peralatan untuk mengakses ke sebuah
jaringan.
b. Wireless Access Point, adalah peralatan komunikasi yang
mengijinkan computer dan peralatan untuk mentransfer data secara
nirkabel di antara peralatan/computer itu sendiri atau ke jaringan
kabel.
mengijinkan computer dan peralatan untuk mentransfer data secara
nirkabel di antara peralatan/computer itu sendiri atau ke jaringan
kabel.
Sumber :